Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia,
penuh berkat. Perkara ini sangat jelas dalam al-Quran dan hadis-hadis
Rasulullah saw yang sahih. Perbincangan di sini ialah mengenai kedudukan hadis
di bawah ini;
[
أول شهر رمضان رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار ]
Ertinya: "Bulan Ramadhan, awalnya rahmah,
tengah-tengahnya maghfirah dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka".
Menurut ulama’ hadis, dalil pembahagian
Ramadhan menjadi tiga ini dhaif (lemah). Padahal hadis itu popular sekali di
tengah bulan Ramadhan, disebut oleh penceramah dan pentazkirah.
Menurut Al-Ustaz Prof. Ali Mustafa Ya'qub, MA :
Hadis itu memang bermasalah dari segi periwayatannya. Sebenarnya hadis ini diriwayatkan tidak hanya melalui satu jalur saja, namun ada dua jalur. Sayangnya, menurut beliau, kedua jalur itu tetap saja bermasalah.Mendhaifkan
Jalur Pertama:
Salah satu jalur periwayatan hadisi ini versinya demikian:
أول شهر رمضان رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار.
Hadis ini diriwayatkan oleh Al-'Uqaili dalam kitab khusus tentang hadis dha'if yang berjudul ‘Adh-Dhu'afa'. Juga diriwayatkan oleh Al-Khatib Al-Baghdadi dalam kitabnya Tarikh Baghdad. Serta diriwayatkan juga oleh Ibnu ‘Adiy, Ad-Dailami, dan Ibnu ‘Asakir. Mereka Yang mendhaifkan
Mestika Hadis J3 (01) Fadhilat Puasa & Ramadhan;
Penjelasan Hadis Ramadhan 3 Bahagi.
.
Adapun para muhaddis yang mempermasalahkan
riwayat ini antara lain:
1. Imam As-Suyuthi.
Beliau mengatakan bahwa hadis ini dhaif
(lemah periwayatannya). [Al-Jami’ Al-Saghir]
2. Syeikh Al-Albani.
Beliau mengatakan bahwa riwayat ini
statusnya munkar. Jadi sebenarnya antara keduanya tidak terjadi
pertentangan. Hadis munkar sebebarnya termasuk ke dalam jajaran hadis dhaif juga. Sebagai
hadis munkar, dia menempati urutan ketiga setelah hadis matruk (semi
palsu) dan maudhu' (palsu). [Lihat: Dhaif Al-Jami’ Al-Saghir, No. 2135 “Dhaif
Jiddan’]
Sementara sanadnya adalah:
1. Sallam bin Sawwar.
2. dari Maslamah bin Shalt.
3. dari Az-Zuhri.
4. dari Abu Salamah.
5. dari Abu Hurairah.
6. dari Nabi SAW.
Dari rangkaian para perawi di atas, perawi
yang pertama dan kedua bermasalah. Yaitu Sallam bin Sawwar dan Maslamah bin
Shalt.
Sallam bin Sawwar disebut oleh Ibnu Ady,
seorang kritikus hadis, sebagai munkarul hadis. Sedangkan oleh Imam Ibnu
Hibban, dikatakan bahwa hadisnya tidak boleh dijadikan hujjah (pegangan),
kecuali bila ada rawi lain yang meriwayatkan hadisnya. Perkataan Ibnu Hibban
ini disebut dalam kitab Al-Majruhin.
Sedangkan Maslamah bin Shalt adalah seorang
yang matruk, sebagaimana komentar Abu Hatim. Secara etimologis, matruk berarti
ditinggalkan. Sedangkan menurut terminologi hadis, hadis matruk adalah hadis yang dalam
sanadnya ada rawi yang pendusta. Dan hadis matruk adalah 'adik' dari hadis
maudhu' (palsu).
Bezanya, kalau hadis maudhu' itu
perawinya adalah seorang pendusta, sedangkan hadis matruk itu perawinya
sehari-hari sering berdusta. Kira-kira
hadis matruk itu boleh dikira semi maudhu'.
Kesimpulan:
Kesimpulannnya, hadisi
ini punya dua gelaran.
Pertama, gelarannya adalah hadis
munkar kerana adanya Sallam bin Sawwar.
Gelaran kedua adalah hadis
matruk kerana adanya Maslamah bin Shalt.
Wallahu a'lam bishssowab,
wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ulasan Dr. Uzar:
Jawapan yang diberi adalah benar, Hadith
tersebut adalah tidak kuat dan elok tidak dijadikan bahan ceramah, atau jika
ingin pun, diletakkan dihujung-hujung dan disebut jelas ia adalah hadis yang
diragui.
Memang benar, terdapat hadis lain seperti
yang diriwayatkan oleh Ibn Khuzaymah dalam kitab sohihnya, tetapi beliau
sendiri meraguinya apabila menyebut di awal bab itu, إن صح الخبر
Ertinya : "Jika sohih khabar ini"
( Rujuk ibn Khuzaymah)
Imam Ibn Hajar al-Hathami memberi komentar
setelah membawakan hadis panjang lebar yang mengandungi maksud petikan hadis
pendek tadi, berkata:-
وفي
سنده من صحّح وحسن له الترمذي، لكن ضعفه غيره، ومن ثم ذكره ابن خزيمة في صحيحه
وعقبه بقوله: إن صح.
Ertinya: "Tentang sanadnya, terdapat
mereka yang mensohihkannya, dan mengganggapnya hasan seperti Imam Tirmidzi,
tetapi ia dianggap lemah orang ulama selain mereka, Ibn khuzaymah menyebutnya
dalam kitab sohihnya tetapi diakhiri dengan katanya: Sekiranya Sohih"
(Az-Zawajir, Ibn Hajar Al-haithami, 1/384)
Tidaklah hairan mengapa para penceramah dan
sebahagian ulama kerap menggunakannya, ini adalah kerana hadis ini memang
terdapat dalam agak banyak kitab-kitab arab silam samada Fiqh dan hadis tanpa
dijelaskan kedudukan dan taraf kekuatannya, antaranya seperti berikut:-
1) I'anah at-Tolibin, 2/255;
2) Tabyin al-haqaiq, 1/179;
3) Syarah Faidhul Qadir, 1/469;
4) Targhib wa at-tarhib, 2/58.
Apapun, yang lebih penting, banyak lagi
ayat al-Quran dan hadith sohih serta hasan berkenaan puasa yang boleh dijadikan
modal ceramah para penceramah.
Sebagai akhirnya ini adalah hadis yang
panjang riwayat Ibn Khuzaymah yang dikatakan jika sohih olehnya sendiri:
صحيح ابن خزيمة - باب فضائل شهر رمضان إن صح الخبر.
حدثنا
علي بن حجر السعدي، ثنا يوسف بن زياد، ثنا همام بن يحيى، عن علي بن زيد بن جدعان،
عن سعيد بن المسيب، عن سلمان قال: خطبنا رسول الله r
في آخر يوم من شعبان فقال: « أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم، شهر مبارك، شهر فيه
ليلة خير من ألف شهر، جعل الله صيامه فريضة، وقيام ليله تطوعا، من تقرب فيه بخصلة
من الخير، كان كمن أدى فريضة فيما سواه، ومن أدى فيه فريضة كان كمن أدى سبعين
فريضة فيما سواه، وهو شهر الصبر، والصبر ثوابه الجنة، وشهر المواساة، وشهر يزداد فيه
رزق المؤمن، من فطر فيه صائما كان مغفرة لذنوبه وعتق رقبته من النار، وكان له مثل
أجره من غير أن ينتقص من أجره شيء»، قالوا: ليس كلنا نجد ما يفطر الصائم،
فقال: «يعطي الله هذا الثواب من فطر صائما على تمرة، أو شربة ماء، أو مذقة لبن،
وهو شهر أوله رحمة، وأوسطه مغفرة، وآخره عتق من النار، من خفف عن مملوكه
غفر الله له، وأعتقه من النار، واستكثروا فيه من أربع خصال(1): خصلتين(2) ترضون بهما ربكم، وخصلتين لا غنى بكم عنهما، فأما الخصلتان اللتان ترضون
بهما ربكم: فشهادة أن لا إله إلا الله، وتستغفرونه، وأما اللتان لا غنى بكم عنهما:
فتسألون الله الجنة، وتعوذون به من النار، ومن أشبع فيه صائما سقاه الله من حوضي
شربة لا يظمأ حتى يدخل الجنة ». [(1) الخصال: جمع خصلة وهي خلق في الإنسان يكون فضيلة أو رزيلة. (2) الخصلة: خلق في الإنسان يكون فضيلة أو رزيلة] [صحيح ابن خزيمة،
3/161و رقم: 1887. قال محقق الكتاب، الدكتور محمد مصطفى الأعظمي،: "إسناده
ضعيف].
Tetapi ianya telah dikomen oleh Imam Al-‘Ayni dalam kitab 'Umdah Al-Qari' sebagai munkar juga. Berikut petikannya :-
ولا يصح إسناده، وفي سنده إياس. قال شيخنا: الظاهر أنه ابن أبي إياس، قال صاحب (الميزان) إياس بن أبي إياس عن سعيد بن المسيب لا يعرف، والخبر منكر.
Sekian, terima kasih. [http://www.zaharuddin.net/ 12 Ramadhan 1427H].
Komentar Pentahqiq Kitab Sahih Ibn Khuzaymah, Dr. Mohd Mustafha Al-A’Zami “Sanadnya Dhaif”.
21 Sya’ban 1430H.
AAM 1435; Penilaian Status Hadis Ramadhan 3 Bahagi;
Rahmat, Maghfirah, bebas Neraka.
Penjelasan tambahan:
Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (1887), oleh Al Mahamili
dalam Amaliyyah (293), Ibnu ‘Adi dalam Al Kamil Fid Dhu’afa (6/512), Al
Mundziri dalam Targhib Wat Tarhib (2/115)
Hadis ini didhaifkan oleh para pakar Hadis seperti Al Mundziri dalam
At Targhib Wat Tarhib (2/115), juga didhaifkan oleh Syaikh Ali Hasan Al Halabi
di Sifatu Shaumin Nabiy (110), bahkan dikatakan oleh Abu Hatim Ar Razi dalam Al
‘Ilal (2/50) juga Al Albani dalam Silsilah Adh Dhaifah (871) bahwa hadis ini
Munkar.
Yang benar, di seluruh waktu di bulan
Ramadhan terdapat rahmah, seluruhnya terdapat keampunan Allah dan seluruhnya
terdapat kesempatan bagi seorang mukmin untuk terbebas dari api neraka, tidak
hanya sepertiganya. Salah satu dalil yang menunjukkan hal ini adalah:
من صام رمضان إيمانا واحتسابا ، غفر
له ما تقدم من ذنبه
“Orang yang puasa Ramadhan kerana iman dan mengharap pahala, akan
diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari no.38, Muslim, no.760)
Dalam hadis ini, disebutkan bahwa keampunan Allah tidak dibatasi
hanya pada pertengahan Ramadhan saja. Lebih jelas lagi pada hadis yang
diriwayatkan oleh At Tirmizi, Rasulullah bersabda:
إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ
الشَّيَاطِينُ، وَمَرَدَةُ الجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، فَلَمْ
يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ، وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الجَنَّةِ، فَلَمْ يُغْلَقْ
مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ
الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ
“Pada awal malam bulan Ramadhan, syaitan-syaitan dan jin-jin jahat
dibelenggu, pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Pintu syurga
dibuka, tidak ada satu pintu pun yang ditutup. Kemudian ada penyeru yang
menyeru: ‘wahai penggemar kebaikan, ambillah sebanyak mungkin, wahai penggemar
keburukan, tahanlah dirimu’.
Allah SWT memberikan pembebasan dari neraka bagi hamba-Nya. Dan itu
terjadi setiap malam” (HR. At Tirmizi 682, disahihkan oleh Al Albani dalam Sahih
At Tirmizi)
Adapun mengenai apa yang diyakini oleh sebagian orang, bahwa setiap
amalan sunnah kebaikan di bulan Ramadhan diganjari pahala sebagaimana amalan
wajib, dan amalan wajib diganjar dengan 70 kali lipat pahala ibadah wajib
diluar bulan Ramadhan, keyakinan ini tidaklah benar berdasarkan hadis yang lemah ini.
Walaupun keyakinan ini tidak benar, sesungguhnya Allah ta’ala
melipatgandakan pahala amalan kebaikan berlipat ganda banyaknya, terutama
ibadah puasa di bulan Ramadhan.
[Lihat: 12 Hadits Lemah dan Palsu Seputar Ramadhan.
Disusun
oleh:
29
Sya’ban 1435H.